Tuesday, June 23, 2015

Edmodo : Media Sosial Pintar

Teknologi Komunikasi merupakan salah satu dari sekian banyak mata kuliah wajib di jurusan Ilmu Komunikasi Unsoed. Di semester ke-4 yang sedang saya tempuh ini, ada dua dosen pengampu untuk mata kuliah tersebut. yaitu bapak Tri Nugroho Adi, dan bapak Ali Rokhman. beliau mengajar mata kuliah Teknokom ini secara bergantian, sebelum UTS, dan pasca UTS. pak Ali Rokhman sendiri berkesempatan untuk mengajar pada paruh semester pasca UTS. 
Ada yang menarik dari model pembelajaran yang diterapkan oleh pak Ali ini. yaitu pemanfaatan jejaring sosial seperti Facebook dan Edmodo sebagai media pembelajaran interaktif di luar kelas. menarik memang, karena hal ini sangat berkaitan dengan pengaplikasian dari mata kuliah Teknokom ini. Sebagian besar mahasiswa, pasti sudah cukup familiar dengan media sosial Facebook. namun untuk Edmodo, saya sendiri benar-benar baru pertama kali mengenal media sosial tersebut. maka di tulisan ini saya mungkin akan lebih banyak membahas tentang penggunaan Edmodo untuk media pembelajaran Teknokom. 
berawal dari pembuatan akun di Edmodo. Saya baru tahu, ternyata untuk membuat akun Edmodo diperlukan kode yang akan menghubungkan langsung akun kita dengan grup kelas yang dibuat oleh admin, atau dalam hal ini guru. Maka dari itu, di awal perkuliahan pak Ali sudah memberitahukan untuk mencatat kode agar bisa tergabung dalam grup kelas, Teknokom A 2015. Kesan awal saya ketika melihat tampilan Edmodo, sekilas mirip dengan Facebook. dari warnanya yang didominasi oleh warna biru, dan juga tata letak layoutnya. namun uniknya disini, guru bisa memposting beragam kuis dan soal yang bisa dikerjakan oleh siswanya secara interaktif dan efektif. 
pak Ali melalui Edmodo ini juga sering memberikan serangkaian kuis yang harus kita isi. setiap kuis memiliki batas waktu pengerjaan dan durasi penyelesaian soal. kuis pertama berdurasi 12 menit. di kuis pertama ini, saya sedikit mengalami kendala. kebetulan sekali ketika saya sedang mengerjakan kuis, tiba-tiba koneksi internet saya terputus, dan seketika durasi 12 menit habis. padahal saya sudah selesai menjawab pertanyaan, tetapi belum sempat saya submit. 
dari pengalaman tersebut kemudian di kuis-kuis berikutnya saya jadi lebih berhati-hati dalam mengerjakan. tentunya sebelum mulai mengerjakan kuis, saya pastikan terlebih dahulu kalau koneksi internet sedang benar-benar lancar tanpa gangguan. tetapi secara keseluruhan, metode pembelajaran ini sangat menarik dan efektif. salah satu kelebihan pemanfaatan edmodo ini adalah, antar siswa tidak bisa saling melihat jawaban yang mereka isikan. sehingga kemungkinan untuk menjiplak jawaban teman hampir tidak ada. berkat mata kuliah ini pulalah saya jadi tahu kalau ada media sosial semenarik ini untuk media pembelajaran.

No comments:

Post a Comment